Saturday, January 3, 2009

pemandian air panas

singkep memiliki obyek wisata pemandian air panas. maaf, nama daerahnya saya lupa, tetapi gampang kok menemukannya. ada papan nama terpampang di dekat kawasan pltd. jalan terus saja, anda akan dibawa ke jalan tanah yang dingin. dingin karena di sisi kanan dan kirinya masih rimbun pohon-pohon karet.

kira-kira setengah jam perjalanan, sampailah ke pemandian air panas. lumayan, ada kolam untuk anak-anak dan dewasa. ada juga kolam untuk air yang airnya lebih panas karena langsung berada di atas gelembung belerang (mungkin he he he). yang jelas bagus ada air yang konon mampu menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal, panu, kadas, kurap dan sebagainya (hafal ya, pengalaman pribadi sih he he he).

yang membuat aku tak nyaman, kolam anak-anaknya kosong. sekitar kolam hanya begitu saja. maksudnya hm, tak ada taman penunjang keindahan obyek wisata ini. terus, kolam anak-anaknya kosong melompong. aku hanya membayangkan seandainya tiba-tiba datang serombongan turis asing ingin membawa anak-anaknya berwisata ke sini. berhayal? aku rasa tidak juga, namanya juga bule yang ingin berwisata. mereka bosan dengan kemewahan, maunya alam yang perawan. nah, lo, apa petugas baru sibuk mengisi bak untuk anak-anak tadi?

maaf, mungkin kedatangan bule itu terlalu berlebihan. yang paling tepat, alangkah lebih baiknya jika semua fasilitas yang ada dimanfaatkan seoptimal mungkin. sudahlah jalannya tanah, becek kalau hujan (semoga suatu hari nanti tak becek lagi), licin itu pasti. tak adakah pemerintah dana cukup untuk membuat jalan menuju lokasi ini agak bagus (tak usahlah bagus-bagus amat, jatah bagus juga hasilnya kadang tak bagus, sudah disunat sana-sini).

No comments: