Saturday, January 3, 2009

sangat mencolok

namanya hotel sunling, sangat dekat dengan pasar. artinya tentu anda berpikir hotel ini paling tidak di tengah kota. tak salah, bahkan tak perlu waktu satu jam untuk mengantarkan anda dari pelabuhan buton di bibir pulau daik lingga menuju hotel yang baru saja dioperasikan ini.

jangan tanya kemewahan hotel ini, karena pasti tak akan anda temukan. kecuali kemewahan hati, hati anda merasa wah bisa tinggal di suatu tempat yang benar-benar jauh dari kebisingan. bukan karena jendela hotel yang ditutup rapat, tetapi memang tempatnya sepi. atau anda ingin melongokkan kepala keluar jendela? dari empat arah mata angin, anda akan menemukan keindahan gunung daik, ada rimbunnya nyiur dengan latar belakang hutan belantara, ada juga perkampungan dengan sungai di tengah-tengahnya. indah saat tak meluap. muasibah saat meluber.

nah, rumah-rumah yang ada di kanan kiri hotel juga jangan dibayangkan perumahan elit yang indah dilihat. yang bakal anda sakikan adalah atap rumah yang berwarna-warni, ada bagian seng yang baru diganti sehingga tampak putih, ada juga yang sudah cokelat karena lapuk di sana-sini. sementara rumah yang ada di depan hotel membuat hati anda bergumam, wah betapa mencolok perbedaannya.

eit hati-hati, jika hujan turun siap-siaplah anda tak bisa menginap di kota ini. hanya ada setapak jalan aspal yang menuju ke hotel ini. jika sudah hujan deras sebentar saja, ya airnya lebih tinggi dari gorong-gorong dan papan penyeberangan jembatan kayu itu. wuih.... hanya ada di lingga.

No comments: